Rangkaian Jam Digital

Rangkaian Jam Digital adalah sebuah rangkaian pencacah naik yang bekerja secara asinkron. Rangkaian Jam Digital yang di rancang pada umumnya adalah sebuah jam dengan penunjukan menggunakan ketelitian bilangan dari jam, menit sampai detik dengan sistem 24 jam. Rangkaian ini di lengkapi 4 buah tampilan 7 ruas LED untuk menampilkan waktu.

Sumber detak merupakan pembangkit yang dapat menghasilkan detak 1 getaran per detik (1 Hz). Ini di gunakan untuk penunjukan bilangan detik dengan penunjukan maksimum 00 dan pemicu pencacah untuk memulai cacahnya. Pencacah-pencacah ini di gunakan untuk penunjukan bilangan menit dengan prinsip kerja yang sama. Sedangkan pencacah yang lainnya di gunakan untuk penunjukan bilangan jam dengan penunjukan waktu maksimum 23 jam.

Sekarang dapat kita simpulkan, bahwa rangkaian jam digital adalah sebuah rangkaian digital sederhana dengan memanfaatkan prinsip kerja dari pencacah naik yang dapat bekerja secara asinkron, di mana pencacah yang paling ujung di gunakan untuk penunjukan bilangan satu dari detik dan juga berasal dari sumber detak sedangkan pencacah selanjutnya di picu oleh pencacah sebelumnya.

Spesifikasi yang di gunakan dalam rangkaian jam digital adalah :

  • Sumber detak

Sumber detak yang digunakan adalah sebuah pembangkit pulsa yangmenghasilkan detak 1 getaran per detik (1 Hz) untuk memperoleh hitungandetik.

  • Catu daya

Semua yang membutuhkan masukan “high” pada IC dihubungkandengan positif catu daya dan sebaliknya semua yang membutuhkan masukan“low” dan input NC dihubungkan pada negative catu daya dan bukannyadiambangkan untuk menghindari hasil yang tidak dapat diprediksikan.

  • IC 7490

IC ini adalah sebuah decade counter yang mencacah empat bit dari0000 (desimal 0) sampai 1001 (desimal 9). Rangkaian dalamnya terdiri dariempat buah flip-flop berderet dan gerbang-gerbang khusus yang digunakanuntuk mereset flip-flop. Gambar rangkaian dalam, tabel kebenaran, tabelfungsi reset / count dan spesifikasi lain dari IC 7490 dapat dilihat padalampiran datasheet.

  • Indikator

Indikator yang digunakan adalah enam buah seven segment, yangdigunakan untuk menampilkan angka-angka cacahan dalam bentuk bilangandesimal.

  • Gerbang AND

Pada simulasi EWB digunakan gerbang AND biasa untuk menyederhanakan rangkaian simulasi, namun pada prakteknya dapatdigunakan IC 7408 yaitu empat rangkap gerbang AND dengan dua input.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai Rangkaian Jam Digital, semoga bermanfaat bagi anda semua. Baca juga postingan terbaru kami lainnya, tentang Rangkaian Elektronika Digital dan Komponen Elektronika Dasar.

Komponen Elektronika Dasar

Komponen Elektronika Dasar merupakan media aliran elektron yang arah alirannya dari kutup negatif sumber tenaga, melewati beberapa komponen dan menuju kutup positif sumber tenaga. Atau juga bisa dikatakan media aliran arus listrik yang arah alirannya dari kutup positif melewati beberapa komponen dan menuju ke kutup negatif.

Komponen Elektronika Dasar terbagi menjadi 2 macam, yaitu komponen aktif dan komponen pasif. Dua macam komponen ini lah yang selalu ada dalam setiap rangkaian elektronika.

Komponen Aktif adalah komponen elektronika yang memerlukan arus listrik atau tegangan agar dapat bekerja dalam rangkaian elektronika. Contoh dari komponen aktif yaitu Transistor dan IC juga Lampu Tabung. Besarnya arus panjar bisa berbeda-beda untuk tiap komponen2 ini.

Sedangkan Komponen Pasif adalah komponen elektronika yang bekerja tanpa memerlukan arus tegangan atau listrik. Contoh dari komponen pasif adalah resistor, kapasitor, transformator atau trafo, dioda dan komponen lainnya.

Dalam dasar elektronika kedua jenis komponen ini hampir selalu digunakan bersama-sama, kecuali dalam rangkaian-rangkaian pasif yang hanya menggunakan komponen pasif saja misalnya rangkaian baxandall pasif, tapis pasif dan lainnya. Untuk IC (Integrated Circuit) adalah gabungan dari komponen aktif dan pasif yang disusun menjadi sebuah rangkaian elektronika dan diperkecil ukuran fisiknya.

Komponen Dasar Elektronika berupa sebuah alat yang menjadi bagian pendukung suatu rangkaian elektronik yang dapat bekerja sesuai dengan kegunaannya. Mulai dari yang menempel langsung pada papan rangkaian baik berupa PCB, CCB, Protoboard maupun Veroboard dengan cara di solder atau tidak menempel langsung pada papan rangkaian.

Komponen Elektronika Dasar biasanya terdiri dari satu atau lebih bahan elektronika, beberapa unsur materi dan jika disatukan, untuk desain rangkaian yang diinginkan dapat berfungsi sesuai dengan fungsi masing-masing komponen, ada yang untuk mengatur arus dan tegangan, meratakan arus, menyekat arus, memperkuat sinyal arus dan masih banyak fungsi lainnya.

Setiap komponen elektronika memiliki fungsi dan karekteristik masing-masing sehingga jika disusun dalam suatu sistem yang benar dapat menghasilkan sebuah perangkat elektronik yang bermanfaat. Komponen Elektronika Dasar tersebut ditulis dengan simbol internasional untuk membantu pemahaman saat menelusuri cara kerja sistem atau pada saat perancangan sebuah rangkaian elektronika melalui skema elektronika dalam bentuk gambar.

Rangkaian Elektronika Digital

Rangkaian Elektronika Digital adalah sistem elektronika yang tersusun dari berbagai macam komponen elektronika yang menggunakan signal digital. Elektronika Digital juga bisa di katakan sebagai rangkaian elektronika yang membutuhkan aliran listrik atau energi kimia untuk menggerakkan atau membuat benda tersebut berfungsi.

Rangkaian Elektronika Digital merupakan aplikasi dari aljabar boolean dan digunakan pada berbagai bidang seperti komputer, telpon  selular dan berbagai perangkat lain. Itu di karenakan elektronika digital mempunyai beberapa keuntungan, di antaranya sistem digital mempunyai antar muka yang mudah dikendalikan dengan komputer penyimpanan informasi ini jauh lebih mudah dibandingkan dengan analog. Namun sistem ini memiliki kelemahan, yaitu pada beberapa kasus sistem digital membutuhkan lebih banyak energi, lebih mahal dan rapuh.

Rangkaian Elektronika Digital biasanya di lambangkan dengan notasi aljabar 1 dan 0. Notasi 1 melambangkan terjadinya hubungan, sedangkan notasi 0 melambangkan tidak terjadinya hubungan. Contoh yang paling gampang untuk memahami notasi ini adalah saklar lampu. Ketika kalian tekan ON berarti terjadi hubungan sehingga dinotasikan 1. Ketika kalian tekan OFF maka akan berlaku sebaliknya

Elektronika Analog dan Digital merupakan pengenalan, penggunaan tentang dasar macam dan karakteristik komponen-komponen elektronika serta sistem pembilangan dan gerbang dasar maupun kombinasional. Ilmu elektronika analog dan digital biasanya mencakup tentang pengetahuan dasar teori atom; bahan penghantar, isolator dan semikonduktor, serta sistem pembilangan dan gerbang dasar.

Dalam pengerjaannya, rangkaian elektronika digital saat ini telah merajai setiap perangkat elektronika. Sebut saja misalnya Televisi. Dengan adanya sistem pengaturan Volume (+) ataupun Volume (-) ataupun menu lainnya dari remote, itu telah membuktikan bahwa teknologi digital telah diterapkan didalam televisi tersebut.

Elektronika Digital pada dasarnya tersusun dari dari apa yang disebut sebagai gerbang logika. Gerbang logika melakukan operasi logika pada satu atau lebih input dan menghasilkan ouput yang tunggal. Output yang dihasilkan merupakan hasil dari serangkaian operasi logika berdasarkan prinsip prinsip aljabar boolean. Dalam pengertian elektronik, input dan output ini diwujudkan dan voltase atau arus (tergantung dari tipe elektronik yang digunakan).

Pada diagram rangkaian logika, biasanya daya tidak dicantumkan. Dalam aplikasinya, gerbang logika adalah blok-blok penyusun dari perangkat keras elektronik. Gerbang logika ini dibuat  dengan menggunakan transistor. Seberapa banyak transistor yang dibutuhkan, tergantung dari bentuk gerbang logika. Dasar pembentukan gerbang logika adalah tabel kebenaran (truth table). Ada tiga bentuk dasar dari tabel kebenaran yaitu AND, OR, dan NOT.

Demikian penjelasan singkat mengenai Rangkaian Elektronika Digital, semoga bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel kami lainnya tentang Komponen Elektronika Dasar dan Rangkaian Elektronika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s