Menyembunyikan Data

Hallo sobat & bro semua ,,,nongol lagi nehhhhhhhhhhhh.

Beberapa minggu ini  penulis sering berfikir dan bertanya-tanya, bagaimana caranya agar data atau informasi dapat kita sembunyikan di dalam satu file atau gambar bukan di sebuahfolder . Karena selama ini penulis hanya menyembuyikan data pada folder yang di kunci, namun pada saat ini banyak software yang bisa membuka kunci dari folder tersebut, ini dikarenakan folder yang di kunci tersebut sangat jelas

kelihatannya seperti bukan rahasia lg. Oleh karena itu ketika kita ingin mengirim atau menyembuyikan data atau informasi dalam sebuah file gambar atau musik  yang menjadikan sangat rahasia hanya kita dan orang yang dikirimkan yang akan tahu informasi tersebut, hal ini yang dinamakan konsep Steganography.

Apakah Steganography ?

Steganography adalah suatu teknik menutupi data di mana informasi atau pesan-pesan rahasia yang disembunyikan di dalam file komputer seperti gambar, file suara, video dan gambar. Bahkan dapat dieksekusi sehingga tidak ada orang yang tau di dalam file tersebut ada informasi atau data yang disembunyikan, Steganography juga dapat melibatkan penggunaan cryptogrphy dimana pesan pertama yang dienskripsi sebelum tersembunyi dalam file lain. Umumnya, pesan yang muncul untuk menjadi sesuatu yang lain seperti suara, gambar , video sehingga menjadi suatu file yang tidak terduga…..

Keuntungan utama dari kosep Steganofraphy dibandingkan dengan metode lain seperti cryptographyadalah tidak akan muncul kecurigaan bahkan jika file jatuh di tangan pihak ketiga. Tidak seperti pesan Cryptography, pesan Stegnography tidak akan sekali menarik perhatian  pihak ketiga. Jadi Stegnography mempunyai kekeasaan atas cryptography karena pada konsep ini melibatkan enkripsi dan ketidakjelasan.

Apa Aplikasi Stegnography?

Stegnography ini berfungsi untuk mengaburkan informasi rahasia/data selama penyimpanan atau transmisi. Misalnya, ketika kita menyembunyikan pesan rahasia dalam sebuah file audio dan mengirimkan pesan ini ke pihak lain melalui Email, dari pada mengirim pesan dalam format textual. Penerima yang dikirimkan  akan mendiskripsi pesan tersembunyi menggunakan kunci dekripsi pribadi. Dalam kasus terburuk, bahkan jika pihak ketiga  berhasil mendapatkan akses ke Email, maka semua data di temukan berbentuk file audio atau gambar bukan sebuah data. Penggunaan lain dari Stegnography meliputi watermarking digital dari gambar untuk alasan seperti perlindungan hak cipta.

Walaupun stegnography telah banyak aplikasi yang menggunakannya , beberapa mungkin menggunakan teknik ini untuk tujuan tidak lazim seperti menyembuyikan konten pornografi dalam file besar lainnya. Dimna rumors tentang teroris menggunakan Stegnography untuk menyembuyikan dan mengkomunikasikan informasi rahasia mereka dan intruksi juga dilaporkan. Sebuah artikel mengklaim bahwa, Al-Queda telah menggunakan Stegnography untuk mengkodekan pesan dalam gambar dan diangkut melalui E-mail, dilaporkan oleh New York Times, pada Oktober 2001.

ARTIKEL SELENGKAPNYA ANDA AMBIL DISIN !!!

SOFTWARE PENDUKUNGNYA SILAHKAN ANDA DOWNLOAD DISINI !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s