Rangkaian Listrik

Rangkaian Listrik adalah suatu komponen listrik yang di rangkaian dengan sumber tegangan menjadi satu kesatuan dan saling di hubungkan dengan cara tertentu dan mempunyai satu lintasan tertutup. Arus listrik dalam suatu rangkaian hanya dapat mengalir jika rangkaian tersebut berada dalam keadaan terbuka.

Pembatasan elemen pada komponen listrik dapat di kelompokan kedalam elemen atau komponen aktif dan pasif. Elemen aktif adalah elemen yang menghasilkan energi, contohnya sumber tegangan dan sumber arus. Sedangkan elemen pasif adalah elemen yang tidak dapat menghasilkan energi. Elemen ini juga dapat di kelompokan menjadi elemen yang hanya dapat menyerap energi, dalam hal ini hanya terdapat pada komponen resistor.

Komponen pasif yang dapat menyimpan energi juga di kelompokan menjadi dua, yaitu komponen yang menyerap energi dalam bentuk medan magnet dalam hal ini adalah kapasitor atau sering juga dikatakan dengan kondensator dengan simbol C.

Rangkaian Listrik

Berbicara mengenai Rangkaian Listrik, tentu anda pasti tidak tahu pengertian dari rangkaian itu sendiri, dimana rangkaian adalah interkoneksi dari sekumpulan elemen atau komponen penyusunnya ditambah dengan rangkaian penghubungnya dimana disusun dengan cara-cara tertentu dan minimal memiliki satu lintasan tertutup. Dengan kata lain hanya dengan satu lintasan tertutup saja kita dapat menganalisis suatu rangkaian.

Rangkaian Listrik Seri adalah rangkaian di mana input suatu komponen berasal dari output komponen lainnya. Hal inilah yang menyebabkan rangkaian seri ini dapat menghemat biaya, karena sedikit menggunakan kabel penghubung. Rangkaian seri juga memiliki suatu kelemahan, yaitu jika salah satu komponen dicabut atau rusak, maka komponen yang lain tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Rangkaian Listrik Paralel adalah rangkaian di mana semua input komponen berasal dari sumber yang sama. Komponen ini tersusun secara paralel satu sama lain. Hal inilah yang menyebabkan susunan paralel dalam rangkaian listrik menghabiskan biaya yang lebih banyak. Kelebihan dari susunan ini adalah jika salah satu komponen dicabut atau rusak, maka komponen yang lain tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s